11 Agustus 2012

Aplikasi Transportasi: Taksi, Mobil Rental, Sepeda

Aplikasi transportasi (taksi, mobil rental, kereta api, dan sepeda) berikut dilansir Mashable, diperuntukan untuk warga Amerika Serikat. Aplikasi-aplikasi berikut setidaknya bisa memberi inspirasi kepada para developer Indonesia untuk membuat aplikasi dengan tujuan user yang lebih segmented, katakanlah per kota.
Bagi Anda ingin mencoba, silakan masuk Google Play (untuk pengguna Android) maupun App Store (untuk pengguna iOS Apple). Berikut ulasan singkap aplikasi tersebut:

1. CityBikes
Amerika Serikat sedang demam sepeda. News City saat ini sedang gencar-gencarnya membangun "bike share network".
Aplikasi CityBikes memberi Anda data bersepeda dari 40 kota, tidak hanya di Amerika, tapi juga di Eropa dan Asia.

2. Embark
Cocok untuk pengguna angkutan umum di New York. Embark berbasis GPS. Tinggal memasukan kata kunci "lokasi", aplikasi ini akan mencari di mana stasiun kereta api terdekat, rute terbaik untuk mencapainya, jumlah pemberhentian, dan perkiraan waktu ketibaan (time of arrival).
Lihat Juga: Aplikasi iPhone untuk Menu Buka Puasa
3. HopStop
Aplikasi HopStop juga untuk warga New York, bagi pengguna jasa subway (kereta api). Menyajikan data arah, transit, bahkan informasi taksi dan mobil rental.
HopStop tidak hanya menyediakan aplikasi untuk Android dan iOS tapi juga untuk Windows Mobile dan BlackBerry. Bisa di smartphone, tablet, dan PC.

4. MotionX GPS Drive HD
Aplikasi ini menawarkan GPS untuk mobil. Mengintegrasikan data peta, address book, dan aplikasi musik. Dibandingkan harga GPS yang Rp 1 juta-an, GPS ini lebih murah, yakni 2,99 dolar AS untuk aplikasi iOS. Selama 30 hari dipandu "voice guidance", free.
5. ParkMobile
ParkMobile adalah aplikasi yang menyediakan informasi tempat parkir di tempat publik maupun swasta. Bisa di tepi jalan, bandara, atau bahkan stadion olahraga.
Aplikasi ParkMobile dilengkapi fasilitas notifikasi sebelum "jam parkir" Anda berakhir.(*)

6. Roadify
Aplikasi Roadify menyedian data dan map, seperti halnya juga dalam aplikasi berbasis GPS. Kelebihannya, Roadify dilengkapi fitur update kondisi terbaru di jalanan dari pengendara lain yang memberi informasi via Twitter.

7. SpotCycle
Ini untuk pengemar olahraga sepeda.

8. TaxiMagic
Kalau TaxiMagic ini ada di Jakarta, sopir taksi yang suka menipu penumpangnya akan gulung tikar ramai-ramai.
TaxiMagic adalah aplikasi iOS dan Android yang memungkinkan user mengetahui posisi memesan taksi, mematok jarak dengan peta, dan memperkirakan sewa taksi. Sopir taksi yang nakal bisa dijebak dengan TaxiMagic.
Aplikasi ini juga bisa mendeteksi posisi taksi terdekat sehingga Anda tidak perlu menunggu di tepi jalan dalam suasana ketidakpastian.
TaxiMagic memberi informasi mengenai 85 perusahaan taksi di 45 kota di Amerika.

9. Waze
Aplikasi ini memberikan GPS yang terupdate real time, misalnya memberi informasi terakhir mengenai kemacetan, batas kecepatan, dan SPBU terdekat.
Bila Anda di Amerika, Waze bermanfaat, karena memberikan informasi harga dari 10 ribu SPBU. Karena harga per SPBU berbeda, Waze memberi informasi harga di sepanjang rute yang Anda lalui.

10. ZipCar
Aplikasi ini basisnye member, menghubungkan perusahaan rental mobil dan pengguna. ZipCar memasang tarif member per tahun sebesar 60 dolar.(TribunNews.com)